Dokumen  Dasar 
adalah  bukti transaksi  yang dijadikan dasar oleh akuntan untuk mencatat,  seperti  :   faktur, kwitansi, nota penjualan, invoice, dll.

Jurnal (Journal)
adalah  aktivitas meringkas dan mencatat transaksi perusahaan berdasarkan dokumen dasar.  Tempat untuk mencatat dan meringkas transaksi  tersebut disebut dengan Buku Jurnal.

Posting
adalah  aktivitas memindahkan catatan di Buku Jurnal  ke dalam Buku Besar sesuai dengan  jenis transaksi dan nama  perkiraan  masing-masing.

Buku  Besar(General  Ledger)
adalah  kumpulan dari semua rekening/perkiraan yang dimiliki  suatu  perusahaan yang saling berhubungan satu dengan lainnya dan merupakan suatu kesatuan.

Rekening/Perkiraan(Account)

adalah suatu kelas informasi di dalam suatu sistem akuntansi. Atau, suatu media yang digunakan untuk mencatat informasi sumber daya perusahaan dan informasi lainnya berdasarkan jenisnya.  Misalnya perkiraan  kas, perkiraan piutang, rekening  modal, dsb.

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama