Pengertian permintaan dan penawaran

Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Faktor –faktor yang mempengaruhi tingkat penawaran
  1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
  2. Tujuan Perusahaan
  3. Pajak
  4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
  5. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap


Faktor –faktor yang mempengaruhi tingkat permintaan
  1. Perilaku konsumen / selera konsumen
  2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
  3. Pendapatan/penghasilan konsumen
  4. Perkiraan harga di masa depan
  5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen


Hukum permintaan dan penawaran

Hukum permintaan
“Semakin rendah tingkat harga suatu barang akan semakin banyak barang tersebut yang diminta, dan sebaliknya. Semakin tinggi tingkat harga suatu barang, akan semakin sedikit permintaan barang tersebut” (cateris paribus)

Hukum penawaran
Menyatakan semakin tinggi tingkat harga suatu barang akan semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan“ (cateris paribus)

Harga keseimbangan
  1. Pembentukan harga pasar :  menurut ilmu ekonomi adalah tempat bertemunya antara penawaran dan permintaan suatu barang dan jasa
  2. Keseimbangan pasar : Kesepakatan antara permintaan dan penawaran. Apabila terjadi ketidakstabilan harga maupun jumlah / keseimbangan yaitu kelebihan permintaan atau penawaran menurut mekanisme pasar akan mendorong kembali harga keseimbangan (bisa keseimbangan baru atau keseimbangan semula)
  3. Proses terbentuknya harga pasar : Harga pasar terjadi karena interaksi antara kekuatan permintaan dan penawaran

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama