Koperasi Mitra Sukamaju kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat Dalam melakukan aktivitas usahanya koperasi Mitra Sukamaju menjalankan usaha budidaya paprika, pemasaran paprika, menjual saprotan, simpan pinjam, dan konsultasi agribisnis.
Dilihat dari kegiatan yang dijalankannya, koperasi  tersebut bisa digolongkan menjadi tiga jenis koperasi  yaitu koperasi  simpan pinjam  karena,koperasi jasa, koperasi produsen dan koperasi pemasaran.

Usaha Pusat Koperasi Pemasaran Buah Belimbing Dewa Depok (PKPBDD) Sawangan, Depok – Jawa Barat
Dalam melakukan aktivitas usahanya koperasi ini berperan sebagai koperasi pemasaran dengan komditi  belimbing dewa. Pada awalnya petani belimbing di depok biasanya menjual hasil panennya kepada tengkulak dengan system ijon. Hal ini sangat tidak menguntungkan petani, dan membuat komoditas belimbing kurang menggeliat dibanding komoditas buah lain.  Sejak dikukuhkannya belimbing dewa sebagai ikon kota depok, hal ini semakin menguatkan alasan didirikannya PKPBDD sebagai jalur pemasaran satu pintu buah belimbing dewa dengan system satu pintu.
Dilihat dari kegiatan yang dijalankannya koperasi tersebut merupakan koperasi produsen dan koperasi pemasaran, karena kegiatan pemasaran yang dijalankan yang termasuk dalam segi aktivitas ekonomi.

Koperasi Serba Usaha Karya Nugraha, Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat
Koperasi serba usaha karya nugraha merupakan koperasi yang bergerak dalam bidang peternakan sapi perah. Koperasi ini menjadi salah satu tumpuan para peternak sapi perah dalam memasarkan susu murni hasil produksinya. Unit usaha yang bervariasi dapat menunjang keberlangsungan hidup koperasi. Oleh karena itu, dalam usaha membantu menjalankan bisnis koperasi, maka didirikan berbagai macam unit usaha seperti unit usaha Ransum Konsentrat Nugraha ( RKN ), Unit Usaha Milk Colling Unit ( MCU ), unit usaha jasa seperti simpan pinjam (Untuk unit usaha simpan pinjam belum berkembang ) dan kesehatan hewan. 
Dilihat dari kegiatan usahanya koperasi tersebut merupakan koperasi produsen, dan koperasi pemasaran. Secara keseluruhan Manfaat yang bisa diperoleh dari adanya koperasi produsen dan konsumen tidak hanya dirasakan bagi  pengusaha sendiri (anggota koperasi) tetapi juga masyarakat  setempat karena dapat menyerap tenaga kerja dari usaha tani. Terjadi kenaikan pendapatan  dapat dirasakan meskipun fluktuatif karena persaingan yang  selalu ada.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama