1. Bacalah paragraf berikut ini dan analisislah !
A.
            1)Strategi mengatasi risiko kebakaran gedung dimulai dengan penelitian terjadinya kebakaran . 2)Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya kebakaran dan cara mencegahnya. 3) penelitian diupayakan sebanyak mungkin menjangkau area gedung ,fasilitas perkantoran, ruang bawah tanah, gudang,atap, seluruh ruang,tempat parker,kafe, dan sarana lain yang ada di gedung itu. 4) peneliti harus mewaspadai tempat atau area yang diduga aman ,misalnya ruang lobi di lantai dasar , karena kebakaran dapat saja terjadi dari tempat yang diduga aman. 5) jika pemeriksaan sudah dilakukan secara tuntas, peneliti harus segera memperkirakan sebab-sebab kebakaran, misalnya : rokok,listrik,cairan kimia dan lain-lain. 6) Selain itu ,peneliti harus memprediksi kebakaran direncanakan,disengaja , atau tidak disengaja . (Husein Umar, Manajemen Risiko Bisnis , Jakarta : Gramedia, 1998, h. 138)

Analisis paragraf :
Kalimat topik              : kalimat 1
Kalimat penjelas          : kalimat 2 – 6
Pikiran utama              : Penelitian terjadinya kebakaran
Pikiran penjelas           : 

  1. Cara melakukan penelitian
  2. Area yang diupayakan terjangkau penelitian
  3. Tempat yang harus diwaspadai oleh peneliti
  4. Memperkirakan sebab kebakaran
  5. Memprediksi kebakaran disengaja atau tidak
Penalaran                     : Deduktif

B.
            1) Ketika memulai bisnis itu ,ia merasa tidak dibantu oleh seorangpun. 2) hal itu merupakan perjuangan penting baginya. 3) Ia belajar bagaimana menyertakan orang lain untuk bekerja sama dan bagaimana meraih sukses. 4) Ia terus berupaya dengan mencoba-coba dan memanfaatkan kesalahan sebagai sumber belajar. 5) Ia terus bereksperimen tanpa henti. 6) Ia  selalu berupaya menciptakan kreativitas baru yang inovatif. 7) usahanya berkembang lambat namun pasti. 8) ia pun mendesain rencana pengembangan bisnis selanjutnya dengan inovasi baru.

Analisis paragraf :
Kalimat topik              : -
Kalimat penjelas          : kalimat 1 – 8
Pikiran utama              : Pengalaman seseorang memulai bisnis tanpa dibantu seorang pun dari .....................................memulai bisnis sampai berhasil.
Pikiran penjelas           :  

  1. Memulai bisnis tanpa bantuan siapa pun
  2. Pengalaman itu adalah hal penting
  3. Belajar menyertakan orang lain untuk bekerja sama dan meraih sukses.
  4. Kesalahan dimanfaatkan sebgai sumber belajar.
  5. Bereksperimen tanpa henti
  6. selalu menciptakan kreativitas baru yang inovatif.
  7. Usahanya mulai berkembang
  8. mendesain rencana pengembangan bisnis selanjutnya dengan inovasi baru.
Penalaran                     Ineratif

2. Buatlah contoh sebuah paragraf tanpa kalimat utama !
Jawab :
            Matahari belum tinggi benar. Embun masih tanpak bekilauan.  Warna  bunga menjadi sangat indah diterpa sinar matahari. Tampak kupu-kupu dengan berbagai warna terbang dari bunga yang satu ke bunga yang lain. Angin pun semilir terasa menyejukkan hati.
Pikiran Utama : Suasana di pagi hari

3. Buatkan paragraf induktif!
Jawab :
            Jika negara kita hanya menjadi pemasok hasil eksploitasi atau negara yang miskin SDM, kita akan tertinggal dalam berbagai hal. Suatu saat SDA akan menipis jika kita terus-menerus dieksploitasi tanpa adanya konservasi. Oleh karena itu, untuk menjadi bangsa yang maju tidak ada pilihan lain, kecuali meningkatkan mutu SDM.

Pikiran utama : untuk menjadi bangsa yang maju kita harus meningkatkan mutu SDM

4. Buatkan paragraf deduktif !
Jawab :
            Sebagai perusahaan teknologi yang cukup terkenal , tidak heran jika Canon memiliki ambisi untuk menjadi nomor satu dari seratus perusahaan di dunia pada tahun 2013. Persaingan yang ketat dan banyak nya perusahaan yang bergerak di bidang serupa membuat Canon merencanakan banyak cara, seperti mengembangkan riset dan teknologi kamera digital. Canon memang terkenal sebagai produsen kamera digital paling terkenal di dunia karena selalu menghasilkan produk-produk inovatif yang mengusung teknologi mutakhir.

Pikiran Utama :  Canon memiliki ambisi ingin menjadi perusahaan nomor satu di dunia.

5. Buatlah paragraf deduktif – induktif !
Jawab :
Hasil penelitian mengungapkan bahwa tingginya kolestrol merupakan faktor resiko seseorang untuk menderita penyakit jantung koroner. Sebenarnya, banyak faktor yang memengaruhi tinggi rendahnya kolesterol, tetapi yang dianggap paling besar perannya dalam masalah tersebut adalah tingginya konsumsi lemak serta kandungan konsumsi asam lemaknya. Dalam hal ini minyak goreng merupakan sumber lemak yang tidak baik. Dengan demikian, kolesterol merupakan penyebab utama penyakit jantung koroner.

Pikiran Utama : kolestrol penyebab utama penyakit jantung koroner

6. Buatlah paragraf induktif – deduktif !
Jawab:
Bencana gempa bumi dan tsunami melanda Aceh. Selain itu, gempa bumi juga melanda kota Yogyakarta dan kota lainnya. Banjir terjadi di kota Jakarta. Beberapa kapal hilang dan tenggelam di perairan. Indonesia memang sedang ditimpa banyak musibah dan bencana. Bencana-bencana tersebut menelan korban, baik harta maupun jiwa. Berbagai bencana atau musibah yang berkaitan dengan virus penyakit juga melanda dan menelan korban yang tidak sedikit.

Pikiran utama : Indonesia ditimpa banyak musibah dan bencana

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama