Object Oriented Analysis and Design (OOAD)
Pendekatan baru untuk pengembangan sistem, sering disebut sebagai pendekatan ketiga setelah pendekatan yang berorientasi data dan berorientasi proses. OOAD adalah metode
pengembangan sistem yang lebih menekankan pada objek dibandingkan dengan data atau proses. Ada beberapa ciri khas dari pendekatan ini yaitu object, Inheritance dan object class
Object adalah struktur yang mengenkapsulasi atribut dan metode yang beroperasi berdasarkan atribut-atribut tadi. Objek adalah abstraksi dari benda nyata dimana data dan proses diletakkan bersama untuk memodelkan struktur dan perilaku dari objek dunia nyata.
Object class adalah sekumpulan objek yang berbagi struktur yang sama dan perilaku yang sama. Inheritance. Properti yang muncul ketika tipe entitas atau object class disusun secara hirarki dan setiap tipe entitas atau object class menerima atau mewarisi atribut dan metode dari pendahulunya.

Prototyping
Prototyping adalah proses iterative dalam pengembangan sistem dimana requirement diubah ke dalam sistem yang bekerja (working system) yang secara terus menerus diperbaiki melalui kerjasama antara user dan analis. Prototype juga bisa dibangun melalui beberapa tool pengembangan untuk menyederhanakan proses. Prototyping merupakan bentuk dari Rapid Application Development (RAD). Beberapa kerugian RAD:
  1. RAD mungkin mengesampingkan prinsip-prinsip rekayasa perangkat lunak
  2. Menghasilkan inkonsistensi pada modul-modul sistem
  3. Tidak cocok dengan standar
  4. Kekurangan prinsip reusability komponen

Prototype methodology
  1. Analis bekerja dengan tim untuk mengidentifikasi requirement awal untuk sistem
  2. Analis kemudian membangun prototype. Ketika sebuah prototype telah selesai. User bekerja dengan prototype itu dan menyampaikan pada analis apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai.
  3. Analis kemudian menggunakan feedback ini untuk memperbaiki prototype
  4. Versi baru diberikan kembali ke user 
  5. Ulangi langkah-langkah tersebut sampai user merasa puas

Keuntungan prototype
  1. Prototype melibatkan user dalam analisa dan desain
  2. Punya kemampuan menangkap requirement secara konkret daripada secara abstrak
  3. Untuk digunakan secara standalone
  4. Digunakan untuk memperluas SDLC

Post a Comment

Ų£Ų­ŲÆŲ« Ų£Ł‚ŲÆŁ