Pinjaman yang diterima adalah fasilitas pinjaman yanq diterima dari bank atau pihak lain termasuk dari Bank Indonesia baik dalam rupiah maupun dalam mata uang asing, dan harus dibayar bila telah jatuh waktu
Jenis-Jenis Pinjaman Yang Diterima
  1. Pinjaman jangka panjang dari bank lain. 
  2. Pinjaman dari luar negeri yang disalurkan kepada pemerintah untuk kemudian diteruskan kepada bank pelaksana.
  3. Pinjaman jangka panjang dari bank lain. 

Pinjaman dari bank lain dapat diwujudkan dalam bentuk Sertifikat Deposito, Commercial Paper dan surat berharga lainnya. 
Contoh: Bank Omega Kantor Pusat memutuskan untuk meminjam dana dari Bank ABC sebesar Rp 30 M dan untuk itu Bank Omega menerbitkan Sertifikat Deposito dengan jangka waktu 3 tahun.  Suku bunga sebesar 15% setahun.  Dana diterima Bank Omega dalam bentuk rekening giro pada Bank ABC.  Oleh Bank Omega Kantor Pusat akan dibukukan dengan ayat jurnal sebagai berikut.
             
Pelaksanaan pemakaian dana pinjaman ini dapat saja dilakukan oleh kantor cabang.  Sebagai contoh, Bank Omega kantor cabang Jakarta hendak mempergunakan dana dari pinjaman tersebut sebesar Rp 1 M, dan memohon agar Kantor Pusat untuk memakai dana tersebut, oleh Kantor Pusat mentrasfer dana tersebut ke kantor cabang melalui Bank Indonesia setempat.  Ayat jurnal sebagai berikut:                                               

Sedangkan oleh kantor cabang Jakarta akan membukukan transaksi ini sebagai berikut:
             
Proses terjadinya TSL ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

Contoh, Bank Omega mendapatkan pinjaman melalui pemerintah RI dari Bank of Japan sebesar Rp 12 M yang disalurkan melalui BI.  Oleh Kantor Pusat akan dijurnal sebagai berikut:

1 Komentar

  1. Tuan Pedro dan perusahaan pinjamannya telah sangat membantu perusahaan kami dengan memberikan kami fasilitas kredit untuk kelanjutan pertumbuhan bisnis pertanian kami. Saya sangat senang bahwa perusahaan saya berkembang kembali dengan bantuan Pedro, petugas bagian pinjaman yang memberikan Yo $8,000,000.00 untuk pinjaman bisnis.
    Tuan Pedro dan perusahaannya juga memberikan jumlah pinjaman berapa pun kepada individu atau perusahaan yang mencari cara untuk memperluas atau melaksanakan proyek mereka dengan bunga rendah sebesar 2% pengembalian tahunan. Hubungi mereka untuk membeli pinjaman bisnis Anda, pinjaman pribadi, pinjaman bisnis, pinjaman awal, pinjaman mobil, dan pinjaman rumah. di dalam
    WhatsApp +393510140339
    pedroloanss@gmail.com

    Semoga beruntung"

    CELESTINO ARTURO
    Menulis dari Ekuador

    BalasHapus

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama