Pengertian menurut FASB :
  1. Pendapatan adalah sebagai arus masuk atau peningkatan nilai aset dari suatu entitas atau penyelesaian kewajiban dari entitas atau gabungan keduanya selama periode tertentu yang berasal dari penyerahan produksi barang, pembelian jasa atas pelaksanaan kegiatan lainnya yang merupakan kegiatan utama perusahaan yang sedang berjalan. 
  2. Biaya merupakan arus keluar aktiva, pengunaan aktiva atau munculnya kewajiban atau kombinasi keduanya selama 1 periode yang disebabkan oleh pengiriman barang, pembuatan barang, pembebanan jasa atau pelaksanaan kegiatan lainnya yang merupakan kegiatan utama perusahaan. 
  3. Laba atau income adalah perubahan dalam ekuitas (net aset) dari suatu entitas selama periode tertentu yang diakibatkan oleh transaksi dan kejadian yang berasal bukan dari pemilik. Dalam income termasuk seluruh perubahan dalam ekuitas selain dari pemilik dan pembayaran kepada pemilik 
A. KONSEP LABA

Laba merupakan informasi penting yang terdapat dalam suatu laporan keuangan. Laba penting untuk :
  1. Perhitungan pajak 
  2. Menghitung dividen yang akan dibagikan kepada pemilik dan yang akan ditahan dalam perusahaan 
  3. Menjadi pedoman dalam menetukan kebijaksanaan investasi dan pengambilan keputusan 
  4.  Menjadi dasar dalam peramalan laba maupun kejadian ekonomi perusahaan lainnya di masa yang akan datang 
  5. Menjadi dasar dalam perhitungan dan penilaian efisiensi 
  6. Menilai prestasi atau kinerja perusahaan /segmen perusahaan/divisi 
  7. Perhitungan zakat 

B. LABA EKONOMI

Dalam konsep laba ekonomi kita mengenail adanya konsep capital maintenance. Menurut konsep ini laba baru disebut ada setelah modal yang dikeluarkan tetap masih ada atau biaya yang telah tertutup atau pengambilan modal. Konsep ini dapat dinyatakan baik dalam ukuran uang yang disebut financial capital atau dalam ukuran tenaga bel yang disebut physical capital.

C. LABA AKUNTANSI DAN MONEY INCOME

Money income berbeda dengan accounting income. accounting income adalah perbedaan antara realisasi penghasilan yang berasal dari transaksi perusahaan pada periode tertentu dikurangi dengan biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan penghasilan.

D. LABA MENURUT KONSEP AKUNTANSI (ACCOUNTING INCOME)


PENDAPATAN DAN BEBAN 

A. PENDAPATAN
Pendapatan didefinisikan sebagai hasil dari suatu perusahaan. Biasanya diukur dengan satuan harga pertukaran yang berlaku dan harus diakui setelah suatu kejadian penting atau umum setelah proses penjualan :
  1. Sifat pendapatan 
  2. Komponen yang termasuk dalam pendapatan 
  3. Pengukuran pendapatan 
B. BEBAN DAN KERUGIAN
Komponen yang termasuk dalam beban
  1. Pengukuran beban 
  2. Pengakuan beban 
  3. Pelaporan beban 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama