1 Pada sebuah perundingan, Anda meyakini bahwa pendapat Anda benar dan bersedia untuk berdebat padahal banyak anggota lain yang tidak menyetujuinya.


A. Tetap mempertahankan pendapat saya (3)


B. Mendengarkan dan menyimak pendapat lainnya terlebih dahulu (4)


C. Berfikir ulang dan berusaha mencari jalan tengah (5)


D. Saya mengalah (2)


E. Mengumpulkan teman sebanyak- banyaknya terlebih dahulu baru menyampaikan pendapat saya (1)




2 Sebagai upaya peningkatan kompetensi pegawai, kantor Anda menugaskan Anda untuk untuk dipindahkan bekerja di kantor luar negeri guna mengetahui  iklim kerja di sana untuk di terapkan di kantor Anda di sini. Hal yang akan Anda lakukan …..


A. Menerimanya dengan semangat karena itu mungkin akan menjadi kesempatan sekali seumur hidup (5)


B. Menerima jika tidak ada hambatan yang cukup serius maka saya akan berangkat (4)


C. Terlebih dahulu melihat situasi dan kondisi sekitar (3)


D. Sama sekali tidak bekerja di luar negeri (1)


E. Pertimbangkan terlebih dahulu dengan orang terdekat (2)




3 Guna menyegarkan jadwal dan aktivitas karyawan, jadwal tugas sift dirubah.


A. Apa yang akan Anda lakukan? Itu hal yang biasa dan siap menerimanya (4)


B. Merasa tertantang, semangat dan segera menyesuaikan diri (5)


C. Tidak terima dan marah (1) 


D. Merasa panik dan gelisah (2)


E. Menggalang dukungan untuk protes (3)




4 Anda merasa bosan melakukan sebuah pekerjaan yang rutin dikerjakan. Sebenarnya pekerjan tersebut sangat menguntungkan. Dalam hati Anda ada keinginan kuat untuk meninggalkannya. Sikap Anda sebaiknya …..


A. Pasti, karena minat dan keinginan merupakan hal paling utama (3)


B. Peluang besar akan meninggalkannya (2)


C. Tergantung faktor lain yang ikut mempengaruhinya (1)


D. Tidak, karena logikan sangat menguntungkan (4)


E. Lihat kondisi dan situasi sekitarnya terlebih dahulu (5)




5 Saya dipercayakan untuk memegang kamera kantor. Pada suatu acara liburan keluarga, saya menggunakannya dan secara tidak sengaja terjatuh hingga rusak. Tindakan saya adalah ....... 


A. Mengembalikan kamera tersebut tanpa memberitahu pihak kantor (1)


B. Meminta pengelola agar masalahnya tidak diperpanjang (3)


C. Menceritakan peritiwa tersebut dengan kondisi sebenarnya dan bertanggung jawab sesuai kemampuan (4)


D. Membeli kamera yang baru dan tidak memberitahu pihak kantor mengenai hal tersebut (2)


E. Memperbaiki kamera tersebut dan melaporkan kejadiannya pada pihak pengelola serta menerima apapun keputusan dari pengelolanya (5)




6 Saat hendak mengikuti ujian kahir semester, tiba-tiba saya berhalangan untuk mengikutinya. Di sisi lain, dosen tidak melayani ujian susulan, sikap anda seharusnya .....


A. Mungkin akan mengikutinya saat ujian susulan jika diadakan (2)


B. Cuek saja karena dosennya tidak mau memberikan ujian susulan (1)


C. Menghadap dosen tersebut untuk meminta ujian susulan (5) 


D. Saya menyadari bahwa saya mungkin tidak akan lulus jika tidak mengikuti ujian (4)


E. Seharusnya dosen tahu bahwa saya sakit sehingga berhalangan mengikuti ujian (3)




7 Rekan kantor saya memberikan hadiah ulang tahun berupa barang yang kurang saya sukai. Sikap saya adalah ........


A. Memberikan hadiah tersebut kepada orang lain (1)


B. Mempergunakan untuk keperluan saya (5)


C. Menyimpannya sebagai kenangan (3)


D. Menggunakan sekedar untuk menyenangkan (4)


E. Memnyimpannya dan tidak akan menyentuhnya (2)




8 Bila terjadi perombakan besar- besaran pada jajaran direksi tempat saya kerja. Sikap saya adalah ......


A. Mendekati atasan baru untuk mengambil simpati (2)


B. Biasa saja dan tetap bekerja sesuai posisi saya (5)


C. Menganggapnya sebagai sesuatu yang wajar dan pasti terjadi(3)


D. Bekerja lebih giat lagi agar suatu nanti bisa menempati kedudukan yang lebih tinggi (1)


E. Tak peduli sama sekali karena tidak ada hubungannya dengan karirku (4)



 
9 Saya dimutasikan secara mendadak keunit kerja sistem informasi yang sama sekali belum saya pahami dan tidak sekalipun saya menekuninya. Menurut saya ….


A. Mengapa perjalan karir saya dipersulit (1)


B. Mungkin ada alasan politis dibalik mutasi kerja saya tersebut (2)


C. Barangkali saya bisa menawar untuk pindah ke tempat lain yang lebih saya sukai (3)


D. Apa yang harus saya lakukan di unit kerja yang baru (4)


E. Bagaimana cara saya bisa memahami bidang kerja sayang yang baru secara cepat (5)




10 Hal yang saya lakukan ketika ide-ide aaya tidak diterima oleh pihak lain karena kurang menarik dan tidak sesuai dengan keinginan anggota lainnya adalah …..


A. Menjelaskan lebih jauh pada anggota lainnya (4)


B. Berusaha mendapatkan dukungan dari ketua (1)


C. Mendiskusikan dengan anggota lain untuk memadukan ide (5)


D. Menyusun ide itu dengan pihak lain di luar kelompok (2)


E. Menggantinya dengan ide yang lain



-3
11 Anda berposisi sebagai kepala Divisi HRD sebuah perusahaan. Salah satu sahabat Anda minta kepada Anda untuk menerima anaknya di instansi tempat Anda bekerja tanpa tes. Rekan Anda tersebut berjanji akan memberikan sejumlah uang dan fasilitas. Sikap yang harus Anda lakukan …..


A. Terima tawaran itu tanpa jaminan sebab dia sahabat karib Anda (1)


B. Berpura-pura menolak lalu lama- kelamaan menerima karena tidak enak pada pada teman sendiri (3)


C. Menolaknya mentah-mentah (4) 


D. Tolak secara halus dan menyarankan agar anak rekan Anda mengikuti tes sesuai prosedur (5)


E. Terima saja pemberiannya dan menyuruh mengikuti tes sebagai formalitas (2)




12 Reaksi Anda ketika Anda gagal pada sebuah tes yang Anda rasakan harusnya lulus…..


A. mengajukan protes pada panitia penyelenggaranya dan berpikir ada kecurangan (1)


B. biasa saja dan mencobanya kembali di lain waktu berikutnya (4)


C. Merasa sedih dan bodoh. Hal yang mudah tidak bisa lulus (3)


D. Kesal dan tidak mau mengikutinya di lain waktu (2)


E. Persiapkan diri lebih baik untuk menghadapi tes berikutnya (5)




13 Selama bekerja rekan kerja memandang saya sebagai orang yang...


A. Selalu bersikap sesuai perasaan yang dirasakan (3)


B. Taat aturan saat diawai atasan atau diliha oleh orang lain (1)


C. Berlaku santun dan baik hanya pada orang-orang yang pernah berbuat baik pada saya (4)


D. Taat aturan, mampu menahan emosi, dan tetap tenang saat menghadapi masalah (5)


E. Cenderung mudah tersinggung, mudah terpancing emosinya oleh kondisi yang kurang menyenangkan (2)




14 Bila Anda adalah seorang staf di sebuah instansi pemerintah. Ketika kepala bagian atasan Anda harus pergi keluar kota karena harus melakukan perjalanan dinas selama beberapa hari dan sifatnya rahasia. Keesokan harinya, datang tamu pejabat penting dari provinsi dan memaksa Anda agar bercerita kemana atasan Anda pergi. Hal tersebut dikarenakan atasan Anda tidak dihubungi sejak kemarin. Bagaimana sikap Anda untuk menghadapinya?


A. Tetap tidak mau mengatakan kemana atasan saya pergi karena telah berjanji padanya


B. Beritahu saja kemana atasan saya pergi kondisinya genting


C. Secepatnya hubungi atasan tetapi tetap memberitahu kemana atasan saya pergi kepada tamu tersebut


D. Jawab tidak tahu kemana atasan saya pergi


E. Katakan kepada tamu provinsi bahwa saya tidak memiliki kewenangan untuk memberikan informasi




15 Bagaimana menurut Anda bila Anda berkali-kali mengalami kegagalan ketika akan memecahkan masalah yang dihadapi dalam bekerja? 


A. Masalah baru belum tentu membutuhkan cara baru untuk menyelesaikannya (2)


B. Lebih baik gunakan cara yang biasa dilakukan dalam menyelesaikan masalah (1)


C. Cari solusi dan cara-cara baru untuk mencari jalan keluar terhadap permasalahan yang terjadi (3)


D. Permasalahan berbeda tentu berbeda pula pemecahannya (4)


E. Cari cara-cara yang berbeda dalam memecahkan suatu masalah (5)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama