Pasar, dalam ilmu ekonomi, adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli, tidak selalu memerlukan lokasi fisik,dan bisa merujuk kepada suatu negara tempat suatu barang dijual dan dipasarkan.

Berdasarkan Wujudnya
  1. Pasar Konkret (nyata) adalah pasar yang tempat terjadinya secara langsung (tatap muka) antar pembeli dan penjual
  2. Pasar Abstrak (tidak nyata) adalah pasar yang menunjukkan hubungan antara penjual dan penjual secara langsung maupun tidak langsung


Berdasarkan Hubungan Dengan Proses Produksi
  1. Pasar output (pasar produk) adalah pasar yang menjual-belikan barang hasil produksi
  2. Pasar input (pasar faktor produksi) adalah interaksi antara permintaan dan penawaran terhadap barang dan jasa sebagai masukan pada proses produksi

Macam - macam pasar
Pasar dapat dikelompokkan menjadi 4 jenis:

1. Pasar barang adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang. Dibagi menjadi dua:
  • Pasar Barang nyata atau riil

Pasar barang nyata adalah pasar yang menjual produk dalam bentuk barang yang bentuk dan fisiknya jelas.
  • Pasar Barang Abstrak

Pasar barang abstrak adalah pasar yang menjual produk yang tidak terlihat atau tidak riil secara fisik.

2. Pasar Jasa/Tenaga
Pasar jasa adalah pasar yang menjual produknya dalam bentuk penawaran jasa atas suatu kemampuan. Contoh pasar jasa seperti pasar tenaga kerja, Rumah Sakit yang menjual jasa kesehatan

3. Pasar Uang dan Modal
  • Pasar Uang

Pasar Uang adalah pasar yang memperjual belikan mata uang negara-negara yang berlaku di dunia. Disebut juga sebagai pasar valuta asing / valas / Foreign Exchange / Forex. Contoh adalah transaksi forex di BEJ, BES, agen forex, di internet,dll.
  • Pasar Modal

Pasar Modal adalah pasar yang memperdagangkan surat-surat berharga sebagai bukti kepemilikan suatu perusahaan bisnis atau kepemilikan modal untuk diinvestasikan sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Contohnya seperti saham, reksadana, obligasi perusahaan swasta dan pemerintah, dan lain sebagainya

4. Pasar luar negeri
Pasar luar negeri menggambarkan hubungan antara permintaan dalam negeri akan produk impor dan penawaran ke luar negeri berupa produk ekspor.

Jenis Pasar menurut karakteristik demand yang dihadapi perusahaan
  1. Pasar persaingan Sempurna
  2. Pasar Monopoli
  3. Pasar persaingan Monopolistik
  4. Pasar Oligopoli

Post a Comment

أحدث أقدم