Pasar Persaingan Sempurna

Karakteristik Pasar :
  1. Barang yang diproduksi homogen
  2. Produsen dan Konsumen memiliki informasi yang sempurna
  3. Produk yang dihasilkan seorang produsen relative kecil disbanding dengan barang di pasar (industri)
  4. Produsen tidak dapat mempengaruhi harga
  5. Produsen dan konsumen bebas keluar masuk pasar
  6. Tidak ada campur tangan pemerintah 

Kelebihan dan Kelemahan
Kelebihan
  1. Harga jual produk yang termurah
  2. Rasio output per penduduk maksimal
  3. Masyarakat merasa nyaman (tidak perlu memilih barang)

Kelemahan
  1. Asumsi mustahil terwujud
  2. Lama dalam pengembangan teknologi karena lama normal
  3. Konflik efisiensi – keadilan

Pasar Monopolistik
Pasar monopoli terjadi jika hanya ada 1 penjual di pasar tanpa ada pesaing langsung, tidak langsung, baik nyata maupun potensial.

Factor penyebab terbentuknya monopoli :
  1. Adanya hambatan teknis (cpecial knowledges, tingginya tingkat efisiensi, control sumber fdaktor produksi)
  2. Hambatan legalitas (Undang-undang dan hak khusus, hak patent, dan hak cipta)

Aspek Negatif dari monopoli
  1. Berkurangnya kesejahteraan konsumen
  2. Memburuknya kondisi makro ekonomi nasional
  3. Memburuknya kondisi perekonomian internasional

Aspek Positif dari monopoli
  1. Efisiensi dan pertumbuhan ekonomi karena laba maksimal
  2. Efisiensi pengadaan barang public karena skala usaha yang besar
  3. Peningkatan kesejahteran masyarakat dalam diskriminasi harga

Diskriminasi Harga :
Kebijakan diskriminasi harga adalah menjual produk yang sama dengan harga yang berbeda pada pasar yang berbeda dengan tujuan menambah laba melalui eksploitsi surplus konsumen.

Syarat Diskriminasi Harga :
  1. Perusahaan memiliki daya monopoli
  2. Pasar dapat dibagi menjadi dua atau lebih
  3. Pembagian pasar harus efektif
  4. MR di tiap pasar adalah sama agar menghasilkan laba maksimum
  5. Pasar Persaingan Monopolistik


Karakteristik :
  1. Terdapat banyak penjual atau produsen
  2. Adanya Diferensiasi Produk.
  3. Produsen Dapat mempengaruhi harga
  4. Produsen Dapat keluar masuk pasar
  5. Promosi penjualan harus aktif

Kebaikan dan Kelemahan

Kebaikan pasar monopolistik
  1. Banyaknya produsen memberikan keuntungan bagi konsumen untuk dapat memilih produk yang terbaik.
  2. Kebebasan keluar masuk bagi produsen, mendorong produsen untuk selalu melakukan inovasi.
  3. Diferensiasi produk mendorong konsumen selektif dalam menentukan produk yang akan dibelinya, dan dapat membuat konsumen loyal terhadap produk yang dipilihnya.
  4. Pasar relatif mudah dijumpai oleh konsumen

Kelemahan Pasar monopolistik :
  1. Pasar monopolistik memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Sehingga produsen yang tidak memiliki modal dan pengalaman yang cukup akan cepat keluar dari pasar.
  2. Dibutuhkan modal yang cukup besar untuk masuk ke dalam pasar monopolistik, karena pemain pasar di dalamnya memiliki skala ekonomis yang cukup tinggi.
  3. Pasar ini mendorong produsen untuk selalu berinovasi, sehingga akan meningkatkan biaya produksi yang akan berimbas pada harga produk.

PASAR OLIGOPOLI

Pengertian
Pasar Oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pasar terbesar (price leader). Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.
Di Indonesia pasar oligopoli dapat dengan mudah kita jumpai, misalnya pada pasar semen, pasar layanan operator selular, pasar otomotif serta pasar yang bergerak dalam industri berat.

Ciri-ciri Pasar Oligopoli
1. Terdapat beberapa penjual
2. Barang yang dijual homogen atau beda corak
3. Sulit dimasuki perusahaan baru
4. Membutuhkan peran iklan
5. Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
6. Harga jual tidak mudah berubah

Macam-macam Pasar Oligopoli
1. Oligopoli murni : menjual barang yang homogen. Biasanya banyak dijumpai dalam industri yang menghasilkan bahan mentah.
Contoh : pasar semen, produsen bensin
2. Oligopoli diferensial : menjual barang berbeda corak. Barang seperti itu umumnya adalah barang akhir.
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor

Kebaikan Pasar Oligopoli
1. Memberi kebebasan memilih bagi pembeli.
2. Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk.
3. Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual.
4. Adanya penerapan teknologi baru.

Keburukan Pasar Oligopoli
1. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2. Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi
3. Bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang
4. Bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi
5. Sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru
6. Bisa berkembang ke arah monopoli

Karakteristik Pasar Oligopoli
Bentuk pasar oligopoli dikarakterisasikan berdasarkan :

a. Sejumlah besar perusahaan-perusahaan dominan, dengan beberapa yang kecil lainnya.
b. Suatu produk yang distandarisasikan maupun dibedakan,
c. kekuatan dari perusahaan-perusahaan dominan terhadap harga, namun ketakutan akan pembalasan,
d. hambatan-hambatan secara teknologi dan ekonomi untuk menjadi suatu perusahaan yang dominan,
e. penggunaan persaingan non harga yang ekstensif akibat ketakutan akan perang harga.

4 تعليقات

  1. mengapa pada pasar persaingan sempurna tidak membolehkan diskriminasi harga?

    ردحذف
    الردود
    1. Karena pada dasarnya dalam pasar persaingan sempurna, harga didapat dari kesepakatan antara penjual dan pembeli, dan pembeli cenderung memilih harga yang lebih murah karena dalam pasar persaiangan sempurna terdapat banyak produsen sehingga pembeli bebas memilih produsen mana dia akan membeli barang, bisa anda bayangkan keadaan di pasar tradisional.

      حذف

إرسال تعليق

أحدث أقدم