Kumpulan Soal Keperawatan Anak beserta Jawaban Bag. 3

1. An. M ( 5 thn ) dibawa ke RS dengan keluhan darah keluar dari hidung. Saat dilakukan pemeriksaan fisik didapatkan memar dan kebiruan di lengan atas dan disekitar bawah mulut. Ibu klien mengatakan 2 minggu yang lalu anaknya sakit panas dan pilek. Hasil pemeriksaan darah menunjukkan : trombosit 80.500/mm³ ; leukosit 8.300/mm³ ; Hb 8,7 gr/dl. Apa masalah keperawatan utama yang terjadi pada An. M ?


A. Intoleransi aktivitas


B. Gangguan perfusi jaringan


C. Resiko perdarahan


D. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh


E. Resiko tinggi gangguan integritas kulit

Jawaban C




2. Klien B, 5 tahun, laki-laki, datangdenganorangtuanyake RS dengankeluhansesaknafas. Orangtuaklienmengatakanklienmulaiterlihatsesaksejakperutdan kaki klienbengkak. Orangtuamengatakan 3 minggu yang lalukliensakitgigidanseringmengorekgiginya. Saatdiperiksa BB klien 18 kg dari BB sebelumnya 15 kg, TD 160/100 mmHg, RR 40x/menit, HR 110x/menit, CRT < 2 detik, klientampakbengkakdibawahmata, perut, kaki danskrotum. Saatiniklienmalasmakandanminumsertakadang-kadangmuntah. Padaklientersebut, apa intervensi yang paling tepatdilakukanuntukmengatasimasalahkelebihan volume cairan di interstitial ?


A. Anjurkan klien untuk lebih banyak bergerak dan beraktivitas


B. Kurangi intake cairan sesuai dengan status edema klien


C. Anjurkan klien untuk mengkonsumsi cairan yang hipotonis


D. Berikan diuretic untuk menarik cairan di interstitial


E. Berikan albumin sebagai pengganti seluruh kebutuhan cairan pada klien

Jawaban B




3. Bayi D lahir premature pada usia 36 minggu. Berat badan bayi D 2 kg. bayi D sudah mulai belajar menuyusui. Bayi D merupakan anak pertama dari ibu A.  Penyuluhan kesehatan apa yang harus disampaikan kepada ibu A ?


A. Anjurkan ibu untuk menyerahkan perawatan bayinya kepada perawat berpengalaman


B. Rekomendasikan ibu untuk menggunakan empeng dor yang lunak, lentur agar bayi dapat menyedot lebih cepat


C. Dorong ibu untuk meneruskan menyusui kepada bayinya, diselingi dengan periode istirahat yang sering


D. Jelaskan kepada ibu bahwa bayi memerlukan NGT untuk membantu pemberian makan


E. Jelaskan kepada ibu bahwa bayi belum mampu minum susu per oral

Jawaban C




4. Bayi preterm usia 20 hari, berat 1600 gram, dalam incubator secara konsisten kehilangan 30-50 gram selama 2 hari setelah 2 minggu mengalami pertambahan berat badan yang memadai melalui NGT. Suhu lingkungan dalam incubator meningkat 5o C, sementara suhu aksila bayi berkisar 36,4o-36,5o C. Bagaimana cara mempertahankan suhu ideal untuk bayi tersebut?


A. Gunakan control suhu udara


B. Gunakan kain penutup incubator


C. Bungkus bayi dengan selimut katun dalam inkubatur


D. Pantau bayi akan adanya kerusakan system saraf


E. Pantau bayi akan adanya gangguan termoregulasi

Jawaban C




5. An. H berusia 18 bulan, dibawa oleh ibunya ke poli tmbuh kembang RSHS. Sebagai bagian dari pemeriksaan rutin pada umur 18 bulan, perawat melakukan Denver Developmental Screening Test (DDST) kepada An. A. Perawat mendapatkan hasil bahwa fungsi anak tersebut tampaknya pada tingkat perkembangan 15-18 bulan, tetapi ia tidak patuh dan sulit diuji. Apa yang harus perawat sampaikan kepada ibu berdasarkan hasil pemeriksaan perkembangan An. H?


A. Perkembangan sudah lanjut dan mengalami ketegangan pada waktu pengujian


B. Perkembangan terlambat dan psikologis terganggu


C. Perkembangan terlambat dan mengalami ketegangan pada waktu pengujian


D. Perkembangan normal dan ketidakpatuhan umumnya didapati pada umur ini


E. Perkembangan normal tetapi secara psikologis terganggu

Jawaban D




6. An. B (8 tahun) dirawat di RS sejak 4 hari yang lalu. An. B tampak lemah, mengeluh nyeri pada bagian abdomen dan sakit kepala, An. B demam tinggi terus menerus, lidah tampak kotor dan kehilangan napsu makan. An. B mengatakan sudah mengalami demam naik turun sejak seminggu sebelum masuk rumah sakit. Berdasarkan pemeriksaan Widal diperoleh titer O 1/320 ; leukosit : 4200/mm³ ; Eritrosit: 4,2 x 10 ⁶/mm³ ; Trombosit 240.000/mm³. Apa masalah keperawatan yang tidak muncul pada An. B ?


A. Gangguan nutrisi kurang dari kebutuhan tubuh


B. Gangguan rasa nyaman : peningkatan suhu tubuh (hipertermi)


C. Resiko tinggi defisit volume cairan


D. Intoleransi aktivitas


E. Resiko tinggi infeksi

Jawaban E




7. Bayi A laki-laki berusia 2 hari dibawa ke RS karena mengalami atresia ani. Berdasarkan hasil pemeriksaan diagnostic didapatkan posisi rectum berada dibawah m. puborektalis, lekukan anus dan sfingter eksternal berada di posisi yang normal. Bayi mengalami distensi abdomen dan muntah hijau.  Apa tindakan pembedahan segera yang dapat dilakukan pada bayi A untuk memperbaiki kondisi bayi secara umum ?


A. Kolostomi 


B. Post sagital anoplasty 


C. Ileostomi 


D. PSARP


E. Apendiktomi 

Jawaban A




8. Anak laki-laki usia 5 tahun, dirawat di RS dengan diagnosis ALL-L3. Menurut ayah klien, klien sering mengeluh capek, terlihat pucat sejak 3 bulan yang lalu. Saat dikaji klien terlihat apatis. Hasil pemeriksaan fisik klien terdapat hepatomegali, status gizi kurang. Hasil pemeriksaan penunjang menunjukkan Hb 9 gr/dl, Trombosit 100.000/dl dan leukosit 400.000/dl. Pada klien diatas dengan dapat berisiko terjadi kondisi kegawatan akibat ?


A. Leukopenia


B. Hiperleukositosis


C. Anemia


D. Perdarahan otak


E. Trombositopenia

Jawaban B




9. Seorang ibu prihatin dengan anak laki-lakinya yang berumur 30 bulan, yang kadang-kadang mengulangi kata-kata yang diucapkan kepadanya. Pemeriksaan jasmani dan neurologic seluruhnya normal, dan tanda-tanda perkembangan anak dalam batas-batas normal.  Apa kemungkinan perkembangan anak laki-laki tersebut ?


A. Perkembangan tingkah laku verbal premature


B. Kelainan neurologic yang tidak disadari


C. Perkembangan bahasa yang kurang


D. Autism infantile


E. Perkembangn normal

Jawaban E




10. Seorang anak berumur 2 tahun dirawat di rumah sakit. Dalam tiga hari pertama, ibunya berkunjung sewaktu siang hari, dan anak tampak ketakutan dan menangis ketika ibu meninggalkannya. Dalam 3 hari berikutnya ibunya tidak mengunjunginya, anak menangis dan memanggilnya. Pada hari ketujuk, meskipun ibunya tidak mengunjunginya, anak tampak sangat tenang. Apa yang sebaiknya perawat lakukan terhadap kondisi anak tersebut ?


A. Memberitahukan ibu bahwa kunjungannya tampaknya mengganggu anak dan anak akan lebih mneyesuaikan diri jika ibu tidak melihatnya selama beberapa hari


B. Menjelaskan kepada ibu bahwa jika ia tidak dapat tinggal bersama dengan anaknya, maka paling baik baginya untuk tidak mengunjungi anaknya


C. Mendorong ibu untuk datang mengunjungi lebih sering dan dalam waktu lebih lama


D. Meresepkan obat penenang atau sedative untuk anak


E. Meminta ibu untuk mengganti orang yang menemani anak jika tidak bisa datang

Jawaban C




Post a Comment

Lebih baru Lebih lama