sebuah sistem terdiri atas beberapa bagian yang memiliki karakteristik sama dengan sistem induknya. bagian dari sistem semacam ini disebut dengan subsistem. Dengan demikian subsistem juga memiliki komponen, proses, dan tujuan. Meskipun sebuah subsistem dapat memiliki tujuan yang berbeda dengan sistem induknya, namun tujuan tersebut harus dikoordinasikan  dengan tujuan sistem induk sehingga dapat tercapai kesesuaian tujuan. Sebuah subsistem juga merupakan bagan dari sebuah sistem yang levelnya paling tinggi yang disebut dengan supersistem atau sistemnya sistem. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebuah sistem pada dasarnya merupakan kumpulan dari beberapa subsistem, sedangkan  supersistem merupakan kumpulan dari beberapa sistem. 
meskipun ada tiga istilah yang terkait dengan sistem, penyebutan atau pengelompokkannya bersifat subyektif, artinya tergantung dari sudut pandang seseorang apakah akan menyebut sebuah sistem dengan sebutan sistem, subsistem, atau supersistem. Sebagai contoh, seseorang mungkin menyebut sistem transportasi umum (publik) sebagai sebuah supersistem
yang terdiri atas sistem transportasi darat, sistem transportasi laut, dan sistem transportasi udara. tujuan sistem tersebut adalah memindahkan orang atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan berbagai bentuk teknologi. Tujuan dari masing-masing subsistem konsisten dengan tujuan sistem yang Iebih besar, yaitu memindahkan orang atau barang dari satu lokasi ke lokasi lainnya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama