Suatu perusahaan sering juga menjual barang dagangan secara kredit yaitu bilamana pembayaran baru diterima bebarapa waktu kemudian. Penjualan semacam ini dibukukan debet  pada rekening Piutang dagang dan kredit rekening penjualan, jurnalnya adalah :

Piutang Dagang                                  Rp 10.000.000
            Penjualan                                             Rp 10.000.000
(Untuk mencatat transaksi penjualan kredit)

Rekening penjulan hanya digunakan untuk mencatat penjualan barang dagangan. Apabila sebuah perusahaan dagangan menjual peralatan kantor (bukan barang dagangan), maka yang dikredit adalah rekening Peralatan Kantor, bukan rekening Penjualan.
Penjualan dengan kartu kredit yang bukan dikeluarkan oleh bank  misalnya American Express umumnya harus dilaporkan secara berkala kepada perusahaan yang mengelolah kartu kredit tersebut sebelum dapat dicairkan menjadi uang tunai.Penjualan seperti ini menimbulkan piutang pada perusahaan pengelolah kartu kredit tersebut. Pengelolah kartu kredit akan memungut ongkos jasa pengurusan sebelum mengirimkan uang tunai pencairan kartu kredit tersebut. Misalkan penjualan dengan menggunakan kartu kredit bukan bank Rp 5.000.000 dan dilaporkan kepada perusahaan pengelolah kartu kredit pada tanggal 10 Januari. Pada Tanggal 15 Januari perusahaan pengelolah kartu kredit memotong ongkos sebesar Rp 125.000 dan mengirim uang sebesar Rp 4.875.000. Transaksi tersebut dapat dicatat :



10 Januari     Piutang Dagang                         Rp 5.000.000
                                                Penjualan                                 Rp 5.000.000
                      ( Penjualan dgn menggunakan American Express)


15 Janauri     Kas                                                   Rp 4.875.000
                     Beban Penagihan Kartu Kredit          Rp    125.000
                                        Piutang dagang                                           Rp 5.000.000

 ( Penerimaan kas dari American Express untuk penjualan yang dilaporkan tanggal 10 Januari)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama