KEBUTUHAN EKONOMIS akan AUDITING

Penyebab Resiko Informasi

Kecenderungan : 
  • Pembuat keputusan menerima informasi yang tidak dapat dipercaya
  • Jauhnya sumber informasi
  • Bias dan motif penyedia informasi
  • Jumlah data yang sangat besar
  • Transaksi pertukaran yang kompleks
  • Pengurangan Resiko Informasi
  • Resiko informasi dihadapi dengan membiarkannya tetap pada tingkat yang relatif tinggi
  • Pengguna informasi menguji informasi yang diperolehnya
  • Pengguna informasi berbagi resiko informasi dengan manajemen
  • Laporan keuangan yang diaudit telah tersedia


KARAKTERISTIK AUDITING

Definisi Auditing
  1. Pengumpulan serta pengevaluasian bukti atas informasi untuk menentukan dan melaporkan tingkat kesesuaian informasi tersebut dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dilaksanakan oleh orang yang kompeten dan independen
  2. Informasi dan Kriteria yang telah Ditetapkan
  3. Pengumpulan serta Pengevaluasian Bukti


Pelaporan
Tahap terakhir dari proses audit
Komunikasi atas temuan auditor kepada para pengguna informasi

PERBEDAAN antara AUDITING dan AKUNTANSI
Akuntansi : Konstruktif
Auditing : Analitis

JENIS AUDIT
1. Audit Operasional
Tinjauan atas bagian tertentu dari prosedur serta metode operasional organisasi tertentu
Tujuan : Mengevaluasi efesiensi serta efektivitas prosedur serta metode yang digunakan
Hasil akhir : rekomendasi

2. Audit Kepatuhan
Tujuan : Menentukan apakah klien (auditee) telah mengikuti prosedur, tata cara, serta peraturan yang dibuat oleh otoritas yang lebih tinggi

3. Audit atas Laporan Keuangan
Untuk menentukan apakah seluruh laporan keuangan (informasi yang diuji) telah sesuai dengan kriteria tertentu (PSAK)

JENIS AUDITOR
1. Auditor di Kantor Akuntan Publik (KAP)
Bertanggungjawab pada audit atas Laporan Keuangan Historis yang dipublikasikan di bursa saham

2. Auditor Eksternal/Auditor Independen

3. Auditor di kantor pemerintah (BPK)

4. Auditor Pajak
Mengaudit PPh WP apakah telah sesuai dengan UU
Merupakan jenis Audit Kepatuhan

5. Auditor Intern
Bekerja pada masing-masing perusahaan untuk melakukan audit bagi manajemen
Harus independen terhadap lini fungsi dalam suatu organisasi
Tidak independen terhadap organisasi sepanjang masih  terdapat hubungan antara perusahaan dan karyawan

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama